Thursday 6 February 2014

MEMPERSIAPKAN DIRI MENJADI PEMIMPIN

Mempersiapkan Diri Menjadi Pemimpin – Menurut pakar karier, sebenarnya setiap karyawan harus mempersiapkan dirinya menjadi pemimpin karena cepat atau lambat, terutama karyawan yanng potensial, suatu saat menjadi pemimpin. Nah, Anda yang merasa bakal menjadi pemimpin suatu saat kelak, persiapkan diri Anda mulai dari sekarang karena menjadi pemimpin tidaklah mudah. Caranya? Simak beberapa tip di bawah ini :

1. Pelajari gaya kepemimpinan tokoh-tokoh pemimpin yang Anda kagumi. Kemudian, seraplah hal-hal positif dari tokoh tersebut. Walau tidak harus sama seperti tokoh idola, hal ini dapat memacu diri Anda untuk menjadi pemimpin berkualitas.

2. Belajarlah menghadapi kondisi di mana Anda merasa tidak nyaman karena seorang pemimpin dituntut untuk siap menghadapi Kondisi apapun, baik menyenangkan ataupun sebaliknya. Jika muncul suatu masalah, hadapi. Jangan pernah melarikan diri dari masalah. Jangan pernah berpikir, "Sepertinya saya tidak bisa." Anda harus yakin bahwa Anda bisa melakukannya.

3. Ikutilah kursus singkat atau seminar mengenai bidang yang belum Anda kuasai. Semakin banyak ilmu, wawasan dan pengetahuan yang Anda miliki, rasa percaya diri akan bertambah. Hal ini penting dimiliki oleh seorang pemimpin.

4. Belajarlah menghadapi orang banyak dan tampil di depan umum sesering mungkin. Jika Anda terbiasa menghadapi orang banyak, Anda tidak akan grogi lagi. Ingat, seorang pemimpin tidak boleh ragu dan malu berhadapan dengan orang banyak.

5. Kerjakan semua tugas dan pekerjaan Anda dengan baik. Penuhi setiap deadline. Jika Anda tergabung dalam kerja tim, kembangkan sikap kerjasama yang solid. Hargai saran dan pendapat dari orang lain, tetapi jangan ragu untuk mengemukakan ide dan pendapat Anda.

6. Belajarlah untuk menularkan kelebihan Anda kepada rekan-rekan. Jika rekan Anda membutuihkan bantuan Anda, bantulah! Jangan menjadi pribadi egois yang hanya ingin menerima bantuan. Jika orang lain membutuhkan Anda, jangan ragu untuk turun tangan.

Jika Anda memutuskan untuk belajar menjadi pemimpin dari sekarang. Anda tinggal mempraktikannya ketika menjadi pemimpin sungguhan. Kemudian, saat itu terjadi, Anda pun sudah siap menjadi seorang pemimpin berkualitas.



Artikel Terkait :
KIAT MEMOTIVASI ANAK BUAH
Memotivasi orang lain bukanlah perkara mudah karena motivasi berkaitan dengan semangat, kemauan atau dorongan dari dalam diri seseorang untuk mencapai sesuatu yang diharapkan. Dengan demikian, motivasi pada diri setiap orang sangat individual sifatnya. BACA SELENGKAPNYA.

10 CARA MENINGKATKAN KEKUASAAN
Pemimpin atau leader pasti memiliki kekuasaan terhadap sejumlah staf dan anak buahnya. Tak heran jika ada yang menyebut pemimpin dengan istilah 'sang penguasa'. Namun, kekuasaan tersebut tidak mampir begitu saja ke pundak pemimpin. Untuk menjadi pemimpin yang mampu berkuasa dengan baik, Anda harus melewati serangkaian proses. BACA SELENGKAPNYA.

0 komentar:

Post a Comment